SMK Negeri 1 Cimahi terus memperkuat komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan menggelar Workshop Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendukung Teaching Factory (TEFA) Program SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler tahun 2023. Acara ini diikuti oleh 30 orang guru dan berlangsung di Ruang Media SMK Negeri 1 Cimahi pada hari Rabu-Kamis, 20-21 Desember 2023.

Hari pertama workshop diisi oleh Bapak Rida Hudaya, DP3.,S.T.,DEA., narasumber dari Politeknik Negeri Bandung. Beliau memberikan wawasan mendalam tentang pemanfaatan teknologi terkini dalam mendukung pelaksanaan program TEFA. Para peserta antusias mengikuti presentasi dan diskusi yang memperkaya wawasan mereka terhadap perkembangan terbaru dalam dunia industri.

Pembukaan workshop dihadiri dengan antusiasme tinggi dari para guru yang bersemangat untuk memperdalam pemahaman mereka mengenai penerapan TEFA dalam kurikulum mereka. TEFA sendiri adalah konsep pembelajaran berbasis industri yang mengintegrasikan pembelajaran teori dengan praktik langsung di lingkungan kerja yang sesungguhnya.

Pada hari kedua, Bapak Pono Siswanto, S.Pd., M.Pd. dari SMK Negeri 1 Karawang menjadi nara sumber yang memberikan pandangan praktis terkait implementasi TEFA di lingkungan sekolah. Beliau membagikan pengalaman sukses dari SMK Negeri 1 Karawang dalam menerapkan program ini, serta memberikan tips dan trik untuk mengatasi potensi tantangan yang mungkin muncul.

Kepala SMK Negeri 1 Cimahi, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para nara sumber dan peserta workshop. “Workshop ini bukan hanya sekadar pertukaran informasi, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun jaringan dan meningkatkan kolaborasi antar guru dalam mendukung kesuksesan program TEFA di sekolah kita. Teaching Factory bukan hanya sekadar program, tetapi suatu langkah inovatif untuk memastikan bahwa siswa kami tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan dunia industri.” ucapnya.

Baca juga :   Profil Pelajar Pancasila

Workshop ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi SMK Negeri 1 Cimahi dalam merancang strategi implementasi TEFA yang lebih efektif dan efisien. Semoga pengetahuan yang diperoleh para peserta dapat diaplikasikan dengan baik dalam upaya memajukan pendidikan kejuruan di sekolah ini.

Selama dua hari workshop, para peserta diajak untuk memahami konsep TEFA, peran sarana dan prasarana dalam mendukungnya, serta strategi implementasi yang efektif dengan diberikannya contoh kasus, studi kasus, dan panduan praktis untuk membantu guru-guru dalam merencanakan dan melaksanakan TEFA di sekolah.

Para guru aktif terlibat dalam sesi diskusi dan tanya jawab, mereka juga diajak untuk merancang rencana aksi yang dapat diterapkan secara nyata di sekolah.

Para narasumber, menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme dan partisipasi aktif para guru. “Penerapan TEFA adalah langkah positif menuju pendidikan yang lebih relevan dan adaptif. Dengan kerja keras dan kolaborasi, kita dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang memberdayakan siswa untuk sukses di dunia industri,” ujarnya.

Workshop Pemanfaatan Sarana dan Prasarana TEFA Program SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler tahun 2023 tidak hanya meningkatkan keterampilan guru tetapi juga memperkuat komitmen SMK Negeri 1 Cimahi untuk terus berinovasi dan menyediakan pendidikan yang memenuhi tuntutan zaman. Semoga hasil workshop ini dapat diimplementasikan dengan sukses, memberikan dampak positif bagi pembelajaran di sekolah ini.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 2 =