Puskesmas Cimahi Selatan melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan bagi 700 siswa tingkat X di SMK Negeri 1 Cimahi. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan pemantauan kesehatan rutin bagi anak sekolah. Penjaringan kesehatan ini dilakukan sesuai dengan surat nomor 440/596/Pusk/XII/2023 dari Puskesmas Cimahi Selatan.

Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan pada hari Senin hingga Rabu, tanggal 11, 12, dan 13 Desember 2023, di Ruang Media SMK Negeri 1 Cimahi. Proses pemeriksaan melibatkan sejumlah aspek kesehatan, termasuk pemeriksaan fisik, gigi, mata, tinggi badan, berat badan, THT, dan pemeriksaan hemoglobin (HB) khusus untuk remaja putri kelas X.

Kegiatan ini menjadi langkah preventif untuk memastikan kesehatan siswa-siswa SMK Negeri 1 Cimahi tetap terjaga. Pemeriksaan menyeluruh ini mencakup deteksi dini berbagai kondisi kesehatan, memastikan bahwa setiap siswa dalam kondisi optimal untuk menjalani proses pembelajaran.

Puskesmas Cimahi Selatan mengirimkan tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya untuk melaksanakan pemeriksaan. Kegiatan ini dikoordinir oleh Palang Merah Remaja (PMR) Wira Unit SMK Negeri 1 Cimahi, menunjukkan kolaborasi yang erat antara lembaga pendidikan dan pihak kesehatan.

Pembina PMR Wira Unit SMK Negeri 1 Cimahi, Ibu Nenden Nur’aeni, S.Pd. dalam keterangannya mengatakan, “Kami berkomitmen untuk mendukung kegiatan kesehatan seperti ini demi kesejahteraan siswa-siswa kami. Ini adalah bentuk tanggung jawab sosial kami sebagai anggota PMR Wira Unit SMK Negeri 1 Cimahi.”

Kepala SMK Negeri 1 Cimahi menyambut baik kegiatan ini dan menekankan pentingnya peran Puskesmas Cimahi Selatan dalam menjaga kesehatan siswa. “Pemeriksaan kesehatan ini merupakan langkah proaktif dalam memastikan bahwa siswa-siswa kami dapat belajar dengan kondisi kesehatan yang optimal,” katanya.

Dengan selesainya kegiatan penjaringan kesehatan ini, diharapkan para siswa dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka dan mengambil langkah-langkah preventif yang diperlukan. Ini juga menjadi contoh bagaimana kerjasama antara sekolah dan puskesmas dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan siswa.

Baca juga :   Kunjungan MKKS SMK Kota Yogyakarta dalam Rangka Study Tiru Implementasi Kurikulum Merdeka

By Admin

One thought on “Puskesmas Cimahi Selatan Lakukan Penjaringan Kesehatan bagi Siswa SMK Negeri 1 Cimahi”
  1. Bagaimana kolaborasi antara Palang Merah Remaja (PMR) Wira Unit SMK Negeri 1 Cimahi dan Puskesmas Cimahi Selatan dalam pelaksanaan kegiatan penjaringan kesehatan bagi siswa-siswa tingkat X, dan bagaimana peran PMR Wira Unit dalam mendukung kegiatan tersebut? visit us Telkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 1