Implementasi/Penerapan Budaya Kerja Industri di SMKN 1 Cimahi

SMKN 1 Cimahi, 5 Januari 2020

Sebagai bentuk implementasi dari Program Penerapan Budaya Kerja Industri di SMKN 1 Cimahi, SMKN 1 Cimahi telah dan akan terus membenahi beberapa fasilitas yang akan mendukung keberhasilan program ini .

Pemasangan rambu lingkungan. Rambu lingkungan ini diantaranya adalah rambu penunjuk arah, rambu jalur evakuasi, rambu titik kumpul jika terjadi situasi bencana. Dengan adanya rambu ini, diharapkan seluruh warga sekolah terbiasa untuk mematuhi rambu saat memasuki lingkungan sekolah. Begitupun tamu yang memasuki lingkungan sekolah, sehingga diharapkan dapat menciptakan ketertiban yang juga akan menunjang kenyamanan dalam kegiatan pembelajaran.

Pembuatan dan pemasangan tata tertib dan rambu workshop/bengkel di masing-masing kompetensi keahlian. Tata tertib di workshop dan rambu-rambu K3 ini dimaksudkan agar seluruh pengguna workshop/bengkal dapat turut mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja agar terhindar dari kecelakaan kerja saat praktek dilaksanakan. Baik terhindar dari kecelakaan terhadap manusia, bahan maupun peralatan . Selain itu secara jangka panjang juga dapat membentuk sikap kerja siswa saat berada di industri yang tentunya memiliki aturan yang lebih rinci. Selain itu untuk mendukung keselamatan dan kesehatan kerja, SMKN 1 Cimahi juga melengkapi fasilitas alat pelindung diri (APD) secara bertahap khususnya untuk kompetensi Keahlian COE.

Pengecatan marka jalan. Pengecatan marka jalan dimaksudkan agar seluruh warga sekolah terbiasa berdisiplin dengan cara berjalan di area yang sudah ditentukan (cat hijau). Adanya area khusus pejalan kaki ini diharapkan baik pejalan kaki dan pengguna kendaraan dapat merasa nyaman dan aman.

 

Pemasangan bel jadwal pelajaran dan pemberitahuan. Bel ini tidak hanya memiliki nada tertentu yang dapat memberikan tanda jadwal masuk, istirahat, pulang secara otomatis namun juga memiliki menu untuk memutar lagu maupun pemberitahuan secara langsung maupun rekaman sesuai kebutuhan.

Penyusunan program kesamaptaan jasmani dan mental, pembentukan perilaku moral, latihan dasar kepemimpinan dan karakter kerja siswa (saat sekolah berlangsung normal kembali_

Kegiatan dari program-program ini sebagian besar sudah menjadi kegiatan rutin di SMKN 1 Cimahi. Pada program penerapan budaya kerja ini khususnya Wakasek dan staf dan pembina kesiswaan melakukan inventaris dan perencanaan kegiatan di tahun 2021 disesuaikan dengan format pada bantuan non fisik budaya kerja. Diantaranya kegiatan-kegiatan ini adalah kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Pembinaan Fisik Mental, Latihan Dasar Kepemimpinan, Diklat 5P, Latihan Khusus, Kegiatan rutin upacara bendera maupun hari besar nasional, mentoring keagamaan, lomba baris berbaris, tes minat bakat, kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan melalui OSIS, MPK dan ekstrakulikuler.