Workshop PPKS SMKN 1 Cimahi, Diharapkan Jadi Solusi Mengatasi Pengangguran

Ketua Cabang Dinas Pendidikan 7 Provinsi Jawa Barat, Endang Susilastuti, S.E.,M.M.Pd., membuka kegiatan Workshop Persiapan Pembentukan Pusat Karir Siswa (PPKS) yang berlangsung di SMK Negeri 1 Cimahi.

Dalam Sambutannya sekaligus pembukaan kegiatan, Endang menyambut baik kegiatan PPKS ini dan diharapkan kedepan dapat menjadi bagian dari solusi yang dikembangkan oleh setiap sekolah dalam mengatasi pengangguran.

“Seperti yang kita ketahui dalam berbagai berita, bahwa SMK menjadi sektor terbesar dalam menyumbangkan Angka Pengangguran di Indonesia. Dengan adanya Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) diharapkan sebagaimana tujuan PPKS yaitu sebagai pengembangan dari BKK atau Bursa Kerja khusus yang telah ada di setiap SMK,” tutur Endang, Sabtu, (26/9/2020).

Dilanjutkan dia, jika sebelumnya BKK hanya mengurus penyaluran para lulusan untuk bisa segera bekerja, namun dengan hadirnya PPKS sekolah juga menyusun program-program yang akan mendukung pembekalan bagi siswa yang kelak akan bekerja dengan pembekalan yang sifatnya berkaitan dengan softskill.

Dalam sesi sambutan yang lain, Kepala SMK Negeri 1 Cimahi Drs. Daud Saleh, M.M., menyampaikan, SMKN 1 Cimahi akan teus mendukung berbagai program pemerintah baik pusat maupun Provinsi Jawa Barat dalam memajukan pendidikan dan juga menempatkan siswa untuk bekerja.

Sebagai program awal PPKS SMKN 1 Cimahi, sehubungan dengan masa pandemik yang masih berlangsung, PPKS SMKN 1 Cimahi rencananya akan mengadakan Virtual Job Fair atau bursa kerja Online. Hal ini dimaksudkan untuk menjembatani antara Dunia usaha dan Industri dalam mencari para calon tenaga kerja, serta para alumni SMKN 1 Cimahi dan juga para pencari kerja dari sekolah lain.

Kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 19 Oktober 2020 sampai dengan 19 November 2020 pada alamat berikut https://careercenter.smkn1-cmi.sch.id/virtualjobfair/.

Leave a Reply