Workshop Penerapan Budaya Kerja Industri di SMKN 1 Cimahi

infosdmgtk-SMKN 1 Cimahi telah melaksanakan Workshop Budaya Kerja Industri di SMKN 1 Cimahi, Aula SMKN 1 Cimahi, 4-9 November 2020 dalam kaitan SMKN 1 Cimahi sebagai SMK Center of Excellent.

Salah satu strategi SMK COE adalah dengan adanya pemenuhan sarana prasarana baik bangunan maupun peralatan. Pemenuhan sarana prasarana ini harus didukung dengan diterapkannya budaya kerja industri dimana pada akhirnya siswa memiliki budaya sesuai tuntutan IDUKA dan dapat beradaptasi dengan IDUKA.

Budaya kerja memiliki 2 indikator yakni softskills dan karakter kerja yang pemenuhannya tentu akan membutuhkan proses panjang dan penguatan yang terus menerus. SMK Negeri 1 Cimahi menguatkan langkah penguatan budaya kerja dalam ragam kegiatan diantaranya melalui workshop pembuatan pedoman budaya kerja, sosialisasi dan pemenuhan fasilitas sarana prasarana.

Kegiatan workshop ini diawali dengan kegiatan sosialisasi budaya kerja industri dari nara sumber yang kompeten di bidangnya yakni Safri Susanto, beliau merupakan Head Office Didactic Indonesia dan dari perwakipan SMK yg menerapkan budaya kerja dari industri, Ahmad Munir SMK Mitra Industri, MM 2100. Kegiatan ini dihadiri oleh pengawas SMKN 1 Cimahi, Setya Kinasih, M.Pd, ketua komite sekolah Drs. Muhajir, dan kepala SMKN 1 Cimahi, Drs. Daud Saleh, MM, jajaran wakasek dan staf, Kasubag TU dan staf,  Ketua Kompetensi Keahlian dan Kepala Bengkel, Ketua dan Sekretaris Program Umum dan guru kompetensi keahlian Mekatronika dan Teknik Otomasi Industri.

Foto bersama nara sumber

Pada tanggal 4 November 2020, kegiatan workshop diawali dengan mengelompokan peserta workhsop untuk membuat analisis, kemudian pada tanggal berikutnya adalah kegiatan penyusunan SKL dan RTL dari setiap kelompok kerja dan presentasi dari masing-masing tim.

Kegiatan diskusi, presentasi para peserta

Pada kegiatan workshop ini, telah dihasilkan dokumen-dokumen yang dapat menjadi acuan penerapan Budaya Kerja Industri , dan rencana pengkondisian lingkungan maupun pengkondisian workshop . Hasil kegiatan workshop ini akan dimatangkan tim Pokja Budaya Kerja kemudian disosialisasikan pada kepada seluruh warga SMKN 1 Cimahi dan diimplementaskan menjadi Budaya Kerja Industri SMKN 1 Cimahi.

Foto bersama akhir dari kegiatan workshop

Leave a Reply