SMKN 1 Cimahi Punya Kantin Sehat

CIMAHI, iNewsCimahi.id – SMKN 1 Cimahi memiliki “Kantin Sehat” di sekolahnya, Jalan Mahar Martanegara. Kantin ini memiliki 17 gerai yang bisa di datangi oleh sejumlah siswa-siswi serta guru.

Pengelola Teknis BLUD SMKN Cimahi, Tatang Rusmana mengatakan, Kantin Sehat ini jelas berbeda dengan kantin-kantin seperti biasanya. Jika kantin biasa, jenis makanannya tidak dikelola dengan baik, bahkan untuk manajemennya hanya terbatas, sehingga proses pembayaran dan lain sebagainya tidak dikelola dengan baik.

“Kami sebagai pengelola di BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), kami berhak mengelola Kantin Sehat ini, termasuk cara pembayarannya. Kantin ini menjual nasi dan lauk pauk, mi goreng, bakso, roti dan lainnya. Harga, relatiflah,” ujar Tatang, Senin (5/12/2022).

Sementara jika Kantin Sehat ini, lanjut Tatang, hal ini dalam rangka pemenuhan gizi bagi anak-anak tersebut, mereka bisa berbelanja di kantin ini.

“Pihak sekolah juga melihat dari segi lokasinya, bahwa untuk menuju kantin sehat itu perlu tempat/ruangan atau representatif,” imbuhnya.

Dia menambahkan, sementara untuk para pedagangnya, para pedagang ini kebanyakan guru tenaga kependidikan, pedagang lama atau dari usaha mikro kecil dan menegah (UMKM).

“Prosesnya kami seleksi mulai dari administrasinya, sampai kepada membuat tester food-nya, sampai dinilai oleh kami, kemudian muncul penetapan pedagang sebanyak 17 itu,” ucap Tatang.

Dia berharap, bahwa dengan adanya kantin sehat ini, bisa menyemangati siswa-siswi di sekolahnya, serta kualitas makanannya tetap terjaga dengan baik.

Sementara itu, salah seorang siswi SMKN 1 Cimahi, Fanesha Rabani menambahkan, mengaku senang dengan adanya kantin sehat ini, sehingga mereka bisa jajan aman dan sehat.

“Karena makanannya bergizi, sehat dan murah. Semoga makanannya semakin bervariasi, biar kita nggak bosan jajan di sini,” tambahnya.

Editor : Okky Adiana

Sumber berita :

  • https://cimahi.inews.id/read/219377/mantap-smkn-1-cimahi-punya-kantin-sehat