SMKN 1 Cimahi Gelar Kegiatan Donor Darah Bagi Siswa Sebagai Pembelajaran Untuk Selalu Menebar Kebaikan

CIMAHI, SAMBASNEWS.id – Siswa SMKN 1 Cimahi yang tergabung dalam kegiatan ekstra kurikuler Junior Red Cross (JRC) Pembangunan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah bagi siswa di Aula SMKN 1 Cimahi, Jum’at (10/09/2022).

Seperti yang disampaikan Novita kelas XII Mekatronika yang aktif di kegiatan ekstrakurikuler JRC Pembangunan di SMKN 1 Cimahi, bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan positif yang disambut baik oleh siswa SMKN 1 Cimahi. Antusiasme ini terlihat dari para pendaftar yang melebihi batasan maksimal pada kegiatan donor darah, sehingga banyak siswa yang akan menjadi pendonor tidak dapat mengikuti kegiatan ini. Jumlah maksimal pendonor pada kegiatan ini lebih kurang 150, sedangkan yang mendaftar membludak, ujar Novita.

Pengalaman baru sebagai pendonor dirasakan oleh mayoritas siswa, diantaranya Bagus dan Zidan kelas XII RPL. Mereka menyatakan ikut kegiatan donor darah ini untuk pertama kali dan didorong oleh kebiasaan orang tuanya yang biasa melaksanakan donor darah. Perasaan cemas dan takut menjadi awal untuk menjadi pendonor apalagi melihat darah serta ukuran jarum suntiknya, ujar mereka.

Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Cimahi Erwin menyatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang sempat terputus akibat pandemi, hal ini dilaksanakan sebagai pembelajaran bagi para siswa untuk memberikan manfaat secara langsung pada masyarakat yang membutuhkan darah, disamping menempatkan sekolah sebagai tempat transfer keilmuan, ujar Erwin.

Erwin memberikan apresiasi pada antusias para siswa mengikuti kegiatan donor darah ini, serta sebagai kegiatan langsung dari para siswa-siswi yang mengikuti ekstrakurikuler JRC Pembangunan di SMKN 1 Cimahi, pungkasnya.

Sumber berita :

  • https://sambasnews.id/smkn-1-cimahi-gelar-kegiatan-donor-darah-bagi-siswa-sebagai-pembelajaran-untuk-selalu-menebar-kebaikan/