Pameran Produk Kreatif Kewirausahaan dan Start Up Bisnis Siswa SMKN 1 Cimahi

Pada hari Sabtu tanggal 05 Desember 2020 telah diselenggarakan pameran produk kreatif kewirausahaan dan start up bisnis siswa SMKN 1 Cimahi yang dibuka secara resmi oleh Ibu Endang suliastuti, SE., M.MPd  selaku Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah VII  Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, pada acara tersebut juga hadir bapak kepala sekolah Drs. Daud saleh, MM, Ketua Komite Sekolah, jajaran manajemen sekolah dan tamu undangan yang terbatas.


  

Kegiatan pameran digelar sebagai ajang menggali potensi dan kreativitas peserta didik dalam bidang wirausaha, yang sesuai dengan minat dan potensi masing-masing. Sedangkan manfaat dari program ini adalah peseta didik mendapatkan pengalaman nyata sebagai calon pengusaha, mereka belajar merintis sebuah usaha yang dimulai dari membaca peluang usaha, merancang, memproduksi atau menambahkan nilai tertentu pada sebuah produk serta menjualnya baik secara manual (offline) maupun digital (online). Program ini pun dapat melatih kemandirian peserta didik dalam menentukan atau mengambil keputusan jenis usaha yang akan digeluti, karena karakter kemandirian sangat penting dimiliki anak zaman now dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompetitif.

Pameran ini menampilkan 20 start up bisnis siswa yang telah berjalan dan memiliki omset mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulannya. Produk yang ditampilkan mulai dari jasa desain, kuliner, fashion dan asesoris hasil produksi sendiri maupun reseller.

Beberapa Stand Pameran, sebagai berikut :

 

Leave a Reply