Mask-On (Mask Detection) Karya Siswa SIJA

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru paru, seperti pneumonia.

Penyebarannya yang cepat membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona.Di Indonesia, pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran virus ini.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat sebanyak 60% masyarakat Indonesia sudah mempunyai tingkat kesadaran pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Penerapan protokol kesehatan tersebut antara lain, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Sedangkan sebanyak 30% masyarakat sudah patuh terhadap protokol kesehatan. Hanya saja, yang menjadi catatan adalah kepatuhan tersebut belum dibarengi dengan terbangunnya kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan. Dan 10% lainnya menunjukkan masyarakat Indonesia cenderung tidak menerapkan protokol kesehatan.

Maka dari itu , sebagai salah satu solusi agar COVID – 19 tidak semakin merebak adalah dengan cara meningkatkan alat alat protokol kesehatan. Disini kami merancang sebuah alat berbasis AI (Artificial Intelegent) bernama Mask-On (Mask Detection) sebagai salah satu alat pendukung protokol kesehatan yang diharapkan dapat meningkatkan kembali kesadaran masyarakat dalam mematuhi salah satu protokol kesehatan yaitu penggunaan masker.

Barangkali ada pihak yang berminat, dipersilahkan untuk menghubungi HUBIN SMKN 1 Cimahi atau Ketua Kompetensi SIJA SMKN 1 Cimahi. Alat ini cocok dipasang di lobby dan ruang rapat atau ruangan dimana perangkat seperti ini diperlukan.

Berikut video Pemasangan Alat Mask On di Lobby Gedung E, di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Dikti).