Kegiatan Donor Darah Upaya Menumbuhkan Rasa Kemanusiaan Warga SMKN 1 Cimahi

Setelah kurang lebih dua tahun tidak melaksanakan Kegiatan Donor Darah di SMKN 1 Cimahi karena pandemi, akhirnya pada hari Jumat, 9 September 2022 dapat terlaksana kembali. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Palang Merah Remaja Wira Unit SMKN 1 Cimahi dengan PMI Kota Bandung. Kegiatan ini bertempat di gedung Aula dimulai pada pukul 08.00 sd selesai.

Tujuan dari kegiatan ini selain untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan warga SMKN 1 Cimahi juga untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menyediakan kebutuhan darah. Tentunya ini sejalan dengan tema kegiatannya yaitu “A Little Blood for a Big Hope”.

Baik guru terutama siswa yang ingin mendaftar sebagai pendonor harus memenuhi persyaratan berikut : berusia minimal 17 tahun, berat badan minimal 47 kg, tekanan darah 110-150, tidak sedang menstruasi, tidak memiliki riwayat penyakit dan suhu tubuh 36,5-37,5.

Adapun tahapan yang harus dilalui oleh calon pendonor diantaranya :

  1. Pendaftaran, calon pendonor mengisi formulir pendaftaran berupa isian data pribadi dan paramater cheklis mengenai riwayat kesehatan.
  2. Tahap Screening, calon pendonor akan melakukan penimbangan berat badan, tensi darah dan tes hemoglobin
  3. Tahap pelaksanaan, bagi calon pendonor yang lolos tahap screening dilanjutkan pelaksanaan donor darah oleh tim PMI Kota Bandung
  4. Tahap observasi, bagi pendonor yang sudah mendonorkan darahnya diobservasi dan diminta untuk istirahat .

Sebanyak 64 kantung darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan ini. Konsentrasi Keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) mendapatkan apresiasi sebagai pendonor terbanyak dalam kegiatan ini yaitu sebanyak 14 pendonor.

“Ini pengalaman pertama mengikuti kegiatan donor darah. Motivasi saya mengikuti kegiatan ini adalah keinginan sendiri untuk memberikan satu labu darah saya bagi yang membutuhkan,” ungkap Ahmad kelas XII RPL C yang merupakan salah satu pendonor siswa.

Wakasek Kesiswaan Erwin, M.Pd menyampaikan terima kasih atas dukungan guru dan siswa semoga kegiatan positif yang sempat tertunda karena pandemi ini dapat kembali menjadi kegiatan rutin secara berkala dan didukung oleh seluruh warga SMKN 1 Cimahi.

(Jeni Saripiani)