Guru SMKN 1 Cimahi Raih Terbaik 2 Guru Dedikasi dan Inovasi SMK tingkat Nasional

SMK Negeri 1 Cimahi kembali menoreh prestasi. Prestasi tersebut diraih oleh Hj. Raden Yulia Ramdani, ST., S.Sn., M.Pd sebagai terbaik 2 Guru Dedikasi dan Inovasi untuk kategori guru SMK Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jendral GTK, Kemdikbud RI.

Apresiasi ini dirai Yulia, guru Produksi Film dan Program Televisi, setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari Bulan Oktober sampai November 2020 yang informasinya didapatkan dari laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/guruksdedikasi

Kegiatan ini dimulai dari seleksi berkas administrasi dan pembuatan praktik baik (best practice) yang dituliskannya sesuai dengan template yang diberikan oleh panita, termasuk tautan-tautan bukti yang turut harus disertakan dalam penulisan praktik baik tersebut. Praktik baik dapat diakaes di:

https://drive.google.com/drive/u/5/folders/182BL3txAzeDmP-lzf97SF0QO2Kwgr56_

Selain itu, Yulia memvisualiasikan praktik baik ini dalam bentuk video selepas ia mengetahui bahwa dirinya melewati tahapan seleksi berkas dan masuk Finalis pada laman

https://sites.google.com/ppkgtkdikmendiksus.page/tatakelolasdmgtk/penghargaan/penghargaan-dedikatif-inovatif-inspiratif/pengumuman-penghargaan?authuser=0

Kemudian dilanjutkan dengan penilaian presentasi dan wawancara oleh tim juri yg terdiri dari 3 orang dengan berbagai latar belakang melalui video conference pada tanggal 16 November 2020 selama 45 menit.

Yulia pada lomba ini membuat rumusan “Guru Solutiv”, yakni Selalu Optimis Luncurkan Tips dan Inovasi. Optimis bagi Yulia adalah Orientasi pada siswa, Timbulkan Minat, dan Inspirasi yg merupakan dedikasinya untuk mengatasi berbagai kendala-kendala pembelajaran yg dialami siswa dan dirinya di masa pandemi.

Sedangkan inovasi yg dikembangkan adalah membuat video pembelajaran yg diunggah di youtube. Video pembelajaran ini dirancang Yulia sedemikian rupa, memanfaatkan fitur pintas pada youtube. Siswa dapat  berinteraksi dengan video, yakni dengan memilih bahasan yang mereka inginkan dengan hanya menekan angka 0-9 pada keyboard PC atau mengklik menu durasi yang terulis di kolom komentar utk pengguna HP.  Angka yg ditekan atau di klik tampilan youtube ini akan menuju durasi tertentu dan menu tertentu dari video. Berikut tautan dari video tersebut:

Atas dedikasi dan inovasinya tersebut, Yulia pada 23 November 2020 diundang untuk mengikuti kegiatan Apresiasi Guru dan kepala sekolah Dedikasi, Inovasi dan Inspirasi 2020 pada tanggal 24 November 2020, sekaligus memperingati rangkaian Hari Guru Nasional 2020. Kegiatan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kegiaran apresiasi ini dihadiri oleh Direktur GTK Dikmen Diksus, Yaswardi, dan Dirjen GTK Iwan Syahril.

Yulia berharap prestasi ini dapat dijadikan motivasi dirinya khususnya dan guru lainnya pada umumnya agar senantiasa mencurahkan dedikasi, inovasi dan menjadi sumber inspirasi untuk murid, murid dan murid.

 

“Saya berharap prestasi ini menjadi pemicu selalu menjadi pribadi yang “solutiv” (selalu optimis berorientasi pada siswa, timbulkan minat siswa dan inspirasi, luncurkan tips/ide dan inovasi) dalam profesi saya sebagai guru”, ujar Yulia sesaat setelah mendapatkan apresiasi tersebut.

Leave a Reply